(Dok. pixabay)

Motori Penyelesaian Hepatitis C Melalui Inspirasi Film

Oleh : Irawan Mohamad
Senin, 21 Desember 2015 | 20:35 WIB


Wartakesehatan.com – Walaupun terus menjadi sorotan, penyakit Hepatitis C masih menjadi ancaman di dunia. Permasalah-permasalahan tentang Hepatitis C masih terus terjadi, khususnya di tanah air. Diperkirakan, ada sekitar 1% atau sekitar 2,5 juta penduduk Indonesia terinfeksi Hepatitis C ini. Setiap tahunya, lebih dari 10 ribu pengidap Hepatitis C meninggal dikarenakan sulitnya mengkases pengobatan.

Saat ini, sudah ada obat yang efektif menyembuhkan Hepatitis C yaitu dari golongan Direct Acting Antiviral (DAA). Obat ini, berdasarkan penelitian, mempunyai tingkat menyembuhkan Hepatitis C lebih dari 95%. Obat ini bernama Sofosbuvir, Ledipasvir dan Daclastavir. Pengobatan yang tersedia di Indonesia saat ini dan sudah ditanggung oleh JKN merupakan obat generasi lama yang sudah saatnya digantikan oleh obat generasi terbaru ini.

Menurut data yang disiarkan oleh LSM Indonesia AIDS Coalition (LSM IAC), obat Sofosbuvir versi Patent dijual dengan harga 14 Juta rupiah/ butir pill sehingga untuk total terapi selama 3 bulan dibutuhkan biaya sebesar 1,1 Milyard rupiah. Sementara di saat yang bersamaan, obat Sofosbuvir ini juga di jual di India dalam versi generik dengan harga 95 ribu rupiah / pill sehingga total biaya yang dibutuhkan untuk satu kali terapi penuh akan sebesar 8, 1 juta rupiah.

Sampai saat ini obat-obatan yang dibutuhkan jutaan penduduk ini belum bisa didapatkan di Indonesia. Pemerintah Indonesia pun terlihat lambat dalam menyikapi aspirasi dari pasien Hepatitis C ini sehingga sampai saat ini baru obat jenis Sofosbuvir yang tersedia di 1 rumah sakit di Jakarta. Sementara obat jenis Ledipasvir dan Daclastavir belum tersedia dan pasien di daerah juga masih mendapatkan kesulitan mengakses obat yang sudah tersedia ini

Guna mengatasi hal itu, LSM Indonesia AIDS Coalition lalu membuat sebuah inisiatif yang dinamakan “Indonesia Buyers Club”. Sebuah inisiatif yang terinspirasi oleh film Dallas Buyers Club dimana dalam film tersebut dikisahkan kelompok pasien Hepatitis C kemudian bahu membahu membantu pasien pengidap hepatitis C lainnya guna mendapatkan obat Hepatitis C jenis Sofosbuvir, Ledispavir serta Ribavirin yang langsung dikirimkan dari negara India.

LSM IAC telah membantu pasien Hepatitis C selama 6 bulan ini sehingga pasien Hepatitis C mendapatkan akses obat dari India, sembuh dan terhindar dari kematian.

Menurut pengakuan IAC, melalui pesan yang diterima wartakesehatan.com, IAC telah melakukan ekspose dari inisiatif selama 6 bulan, dengan harapan lebih banyak lagi pengidap Hepatitis C di Indonesia bisa mendapat akses obat dan sembuh dari penyakitnya.


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Terkini