(ist)

Konsumsi Jeruk Berlebihan, Awas Diabetes!!

Oleh : Dirk/vemale
Kamis, 23 Januari 2020 | 15:30 WIB


Wartakesehatan.com - Beberapa makanan bisa menyebabkan diabetes atau  gula darah meningkat dan bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan gagal ginjal. Menjaga kadar gula darah normal sangatlah penting, bukan hanya bagi penderita diabetes tapi siapa pun yang ingin menjaga kesehatannya. Jika Anda memiliki kecenderungan menderita diabetes, sebaiknya hindari beberapa makanan.

Faktor utama yang mempengaruhi kadar gula darah Anda adalah jumlah karbohidrat yang Anda makan. Karbohidrat meliputi pati yang ditemukan dalam roti, kentang dan pasta serta gula yang ditemukan dalam permen dan makanan penutup. Jenis-jenis gula, seperti laktosa ditemukan dalam produk susu dan glukosa dan fruktosa yang ditemukan dalam buah-buahan, juga dapat mempengaruhi kadar gula darah Anda. Jeruk, seperti buah-buahan lainnya, mengandung gula yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda.

Kandungan karbohidrat yang tersedia pada jeruk juga dapat meningkatkan gula darah Anda. Seperti yang dikutip livestrong.com Anda dapat menghitung karbohidrat yang tersedia dengan mengurangi kadar serat mereka dari keseluruhan karbohidrat mereka karena, tidak seperti jenis lain dari karbohidrat, serat tidak meningkatkan kadar gula darah Anda. Misalnya, jeruk kecil berisi 11,3 gram total karbohidrat dan 2,3 gram serat memiliki kandungan karbohidrat yang tersedia dari 9 gram, sementara jeruk besar, dengan 21,6 gram total karbohidrat dan 4,4 gram serat, memiliki kandungan karbohidrat yang tersedia dari 17,2 gram karbohidrat yang tersedia. Sebagai dasar perbandingan, sepotong roti memiliki 15 gram karbohidrat yang tersedia. Semakin besar jeruk yang Anda makan, semakin tinggi gula darah Anda akan meningkat.

Pada dasarnya mengonsumsi makanan yang berlebih tidak akan baik dan Anda akan kehilangan manfaat yang terkandung dalam makanan tersebut. 


Fokus : Jeruk
#Diabetes #Jeruk
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Terkini