Manfaat Dari Kemenyan

Oleh : Kiven Timisela
Jumat, 24 Januari 2020 | 10:32 WIB


Wartakesehatan.com-Kemenyan adalah getah pohon yang termasuk dalam species Stryraz. Nama lain untuk kemenyan adalah benzoin.

Di Indonesia, kemenyan kerap digunakan sebagai dupa atau campuran rokok kemenyan. Di samping itu, kemenyan juga digunakan sebagai bahan baku dalam industri parfum, obat-obatan, kosmetik, serta farmasi.

Dalam kedokteran gigi, kemenyan digunakan untuk mengobati gusi bengkak Sementara dalam bidang manufaktur, kemenyan digunakan dalam pembuatan obat-obatan farmasi, seperti sebagai ekspektoran untuk penyakit bronkitis dan sebagai disinfektan pada luka.

Beberapa orang menerapkannya langsung ke kulit untuk membunuh kuman, mengurangi pembengkakan, dan menghentikan perdarahan pada luka kecil. Kemenyan juga digunakan secara oles untuk borok kulit, luka tirah baring, dan kulit pecah-pecah. Dalam kombinasi dengan herbal lain (aloe, storax, dan balsam tolu), kemenyan adalah pelindung kulit yang cukup baik. Kombinasi ini dikenal sebagai “senyawa benzoin tincture.”

Bagaimana cara kerjanya?

Tidak ada penelitian yang cukup mengenai bagaimana cara kerja tanaman herbal ini. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kegunaan kemenyan adalah sebagai:

  • Agen antiseptik untuk kulit sensitif
  • Agen karminatif untuk mencegah atau mengurangi perut kembung
  • Ekspektoran untuk merangsang pengeluaran dahak dari saluran pernapasan

#Kemenyan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Terkini