Asupan Kaya Kalsium dan Vitamin D yang Baik

Oleh : nurul kinanti
Jumat, 24 Januari 2020 | 14:12 WIB


Wartakesehatan.com - Nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga tulang tetap sehat, dua di antaranya yang paling penting adalah kalsium dan vitamin D. Kalsium merupakan mineral yang esensial bagi tubuh agar berfungsi secara benar dan disimpan di dalam tulang.

Sementara, tubuh memerlukan vitamin D untuk menyerap kalsium. Tak mendapatkan cukup kalsium di dalam makananmu sehari-hari bisa membuat tulang rentan patah dan terkena penyakit.

Dirangkum dari Healthline, berikut adalah asupan kaya kalsium dan vitamin D yang baik untuk tulang sehatmu

Keju

Keju terbuat dari susu yang merupakan sumber kaya kalsium, sehingga keju juga mengandung kalsium yang mungkin sama banyaknya. Dari semua jenis keju, mozarella adalah keju yang paling tinggi kalsium. Jika kamu ingin pilihan yang lebih sehat, pilih keju yang dibuat dari susu skim.

Yogurt

Karena proses persiapan yogurt, makanan ini mengandung kalsium cukup signifikan dari susu yang merupakan bahan pembuatnya.

Telur

Telur telah lama diketahui sebagai salah satu sumber vitamin D dan dapat meningkatkan kesehatan tulang. Vitamin D umumnya ditemukan lebih banyak di bagian kuning telurnya, dan bukan putih telurnya

Sayuran berdaun hijau gelap

Sayuran berdaun hijau seperti kale dan brokoli (meski secara teknis tidak 'berdaun') merupakan sumber kalsium terbaik yang bukan dari produk susu. Sayuran hijau ini juga kaya akan magnesium, yang sangat baik untuk menjaga keutuhan tulang dan vitamin K, yang dibutuhkan bagi metabolisme tulang.

 Ikan-ikanan

Ikan-ikanan seperti salmon, tuna, dan bahkan ikan lele merupakan sumber vitamin D terbaik. Vitamin D juga salah satu nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tulang.



#Kalsium #Vitamin D
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Baca Juga :

    Terkini