Konsumsi Kunyit Baik untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Oleh : nurul kinanti
Jumat, 24 Januari 2020 | 19:00 WIB


Wartakesehatan.com - Tak hanya sebagai bumbu masak, ternyata kunyit memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk kesehatan.

Kunyit memiliki sebuah senyawa kimia yang disebut kurkumin. Kurkumin merupakan zat pewarna kuning pada kunyit. Kurkumin dapat membantu proses penyembuhan pada tubuh.

Kunyit ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dirangkum dari Hellosehat dan berbagai sumber, berikut manfaat kunyit untuk kesehatan.

Mengurangi Risiko Kanker

Dilansir dari Halodoc, salah satu manfaat kunyit yaitu mampu mengurangi risiko kanker. Kunyit dipercaya dapat memerangi peradangan kronis dan membantu tubuh melawan penyebaran sel kanker. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung antioksidan. Antioksidan yang kuat tersebut mendukung kekebalan alami tubuh dan mencegah perkembangan kanker.

Clinical Cancer Research menyebutkan bahwa menambahkan satu sendok makan kunyit per hari dapat efektif membantu menjaga tubuh terhindar dari kanker. Oleh sebab itu, mengonsumsi kunyit tentu baik untuk mengurangi risiko kanker.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat kunyit untuk kesehatan yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kunyit dipercaya mampu membersihkan tubuh dari limbah dan membantu penyerapan nutrisi penting dari seluruh makanan. Beberapa orang mungkin tak menyadari bahwa sebagian besar dari sistem kekebalan berhubungan langsung dengan sistem pencernaan.

Oleh sebab itu, mengonsumsi kunyit baik dilakukan agar sistem kekebalan tubuh meningkatkan. Manfaat mengonsumsi kunyit secara rutin salah satunya dapat membantu tubuh bebas dari virus, bakteri dan mikroba serta radikal bebas.

Mengobati Maag

Dilansir dari Hellosehat, jurnal Pharmacognosy Reviews mengamati efek kurkumin dapat mengobati peradangan akibat luka dan melindungi perut dari iritan-iritan tersebut dengan meningkatkan produksi lendir dinding lambung. Selain itu, jurnal Systematic Review mengatakan jika kunyit dapat membantu mengurangi frekuensi kekambuhan gejala maag. Hal ini dikarenakan kurkumin dalam kunyit juga bekerja mengendalikan produksi asam lambung dan empedu berlebih.

Oleh sebab itu, apabila ingin mengatasi sakit maag, Anda dapat mencoba menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan nyeri tersebut. Hal ini tentu lebih baik karena bahan yang digunakan pun alami dan telah terbukti khasiatnya.

Mengurangi Nyeri bagi Penderita Osteoarthritis

Kunyit dipercaya memiliki khasiat untuk mengurangi nyeri pada penderita osteoarthritis. Osteoarthritis merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan sendi menjadi kaku, nyeri dan kehilangan fleksibilitasnya. Kunyit mengandung kurkumin yang dapat mengurangi tanda-tanda peradangan sehingga mampu meringankan gejala osteoarthritis.

Dilansir dari Alodokter, sebuah penelitian menyatakan kinerja kunyit sebanding dengan obat ibuprofen dalam mengatasi osteoarthritis. Apabila Anda seorang penderita osteoarthritis, Anda dapat mencoba mengonsumsi kunyit untuk meredakan nyeri. Caranya dengan mengonsumsi ekstrak kunyit dosis 500 mg dua kali sehari.

Meredakan Perut Kembung

Perut kembung tentu membuat tubuh sangat tidak nyaman. Rasa ingin buang gas terus menerus pun akan dirasakan bila perut kembung. Buang gas secara berlebihan dapat menjadi salah satu tanda adanya masalah di perut.

Mengonsumsi kunyit merupakan salah satu cara untuk meredakan perut kembung. Kandungan kurkumin dalam kunyit dapat membantu otot organ pencernaan bergerak lancar dan mengurangi tekanan gas dalam perut. Kunyit akan membantu menghentikan produksi asam berlebihan yang menjadi penyebab perut kembung yang ada alami.

Mengatasi Nyeri Haid

Manfaat kunyit yang paling banyak dikenal yaitu dapat mengatasi nyeri haid. Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki efek pereda nyeri alami yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram.

Dilansir dari Hellosehat, kurkumin juga mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi protaglandin. Hormon tersebut lah yang menciptakan rasa sakit dan peradangan saat menstruasi.

Mengendalikan Gula Darah

Manfaat kunyit lainnya untuk kesehatan yaitu dapat mengendalikan gula darah. Kunyit mengandung kurkumin yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, kurkumin juga dapat membantu memulihkan banyak masalah yang berkaitan dengan resistensi insulin dan hiperglikema.

Sebuah studi tahun 2013 menunjukkan bahwa suplemen ekstra kunyit dapat membantu meningkatkan fungsi insulin, menstabilkan kadar gula darah serta membuat gejala diabetes lebih mudah ditangani.

Menyeimbangkan Hormon

Keseimbangan hormon dalam tubuh sangat lah penting. Faktor gaya hidup dan pola makan pun berperan penting dalam menjaga produksi dan keseimbangan hormon. Tetapi ada kalanya genetika dan mutasi menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormon.

Dilansir dari Halodoc, kunyit memiliki manfaat untuk mengembalikan keseimbangan hormon. Kunyit dapat memasok banyak nutrisi untuk proses produksi hormonal tubuh. Selain itu, kunyit juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, membersihkan darah dari racun, serta mengatur dan mendukung kesehatan organ-organ yang terlibat dalam produksi hormon.


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Terkini