(ist)

Waspada, 5 Kondisi Mata bisa Deteksi Gejala Penyakit

Oleh : Dirk/lptn6
Jumat, 24 Januari 2020 | 21:10 WIB


Wartakesehatan.com - Beberapa orang masih menganggap sepele tentang kesehatan mata. Tak jarang ada orang yang tidak peduli dengan beberapa perubahah bentuk maupun warna mata. Contohnya sering mengalami mata merah yang hanya di tangani menggunakan obat tetes mata.

Padahal tahukah anda? beberapa penyakit serius dapat kita prediksi hanya dengan melihat kondisi mata. Seperti dikutip dari Times of India, berikut ini beberapa gejala penyakit yang dapat dideteksi melalui kesehatan mata:

1. Mata merah bisa pertanda tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi dapat membuat pembuluh darah ini muncul yang menyebabkan mata merah. Seperempat orang dewasa dengan tekanan darah tinggi tidak tahu bahwa mereka memiliki kondisi yang dapat menyebabkan stroke.

2. Kuning di belakang mata pertanda diabetes

Air mata kecil di retina merupakan tanda-tanda diabetes tipe dua.

3. Cincin di bagian iris pertanda kolesterol tinggi

Cincin putih di sekitar iris, bagian berwarna dari mata, adalah tanda kadar kolesterol di dalam tubuh kita tinggi.

4. Kelopak mata terlihat pucat tanda anemia

Jika bagian dalam kelopak mata bawah Anda terlihat pucat, mungkin Anda anemia. Kurang zat besi yang membantu membuat sel-sel darah merah. Anemia dapat diobati dengan suplemen zat besi, tetapi dapat menjadi tanda pendarahan internal, sehingga lebih baik segera ke dokter.

5. Mata menonjol masalah tiroid

Mata yang tampak menonjol mungkin bukti tiroid terlalu aktif. Tingkat abnormal hormon tiroid menyebabkan jaringan di sekitar mata jadi bengkak, sehingga tampak mata muncul keluar.

6. Mata kuning pertanda penyakit hati

Kondisi hati termasuk hepatiti dan sirosis yang dapat mengubah bagian putih Anda berwarna kuning. Warna ini disebabkan oleh bilirubin, zat kimia yang terjadi akibat pecahnya hemoglobin yang membawa oksigen molekul dalam sel darah merah.


Fokus : Mata
#Mata #Penyakit
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Terkini