Pasta Gigi Tak Bisa Obati Luka Bakar

Oleh : nurul kinanti
Senin, 17 Pebruari 2020 | 17:02 WIB


Wartakesehatan.com –  Kebanyakan masyarakat menganggap bahwa mengoleskan pasta gigi pada luka bakar merupakan awal pertolongan pertama. Namun ternyata hal demikan justru dibenarkan oleh Dokter Tri Ari Wibowo dari laman meetdoktor.

Perlu di ketahui bahwa tidak semua luka bakar membawa efek mengerikan bagi tubuh. Dokter Tri Ari menjelaskan, luka bakar yang berbahaya adalah yang mengenai anggota tubuh bergerak, seperti muka dan kemaluan.

“Hal tersebut mitos. Karena penggunaan bahan bahan kimia seperti pasta gigi atau minyak goreng, justru akan membuat iritasi lebih lanjut dan memperburuk keadaan luka bakar,” ujar sang dokter.  

Luka bakar adalah cedera pada jaringan yang dapat disebabkan api, bahan kimia, sinar matahari atau sengatan listrik. Pertolongan pertama yang tepat untuk menyelamatkan hidup penderita yakni, dengan menghentikan penyebab luka bakar.

Sebaiknya jika korban masih dalam keadaan terbakar, padamkan api menggunakan selimut, bed cover, karpet, jaket atau bahan lain. Jangan melepaskan pakaian yang melekat pada luka. Jika luka bakar dalam keadaan terbuka siram dengan air atau tempelkan kain basah pada lukanya. Kemudian segera bawa korban ke RS untuk ditangani lebih lanjut.

 


#Luka Bakar
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Terkini