Badan Tetap Sehat Meski Anda Kurang Tidur

Oleh : nurul kinanti
Senin, 17 Pebruari 2020 | 17:16 WIB


Wartakesehatan.com – Kurang tidur atau begadang adalah suatu permasalahan yang dialami banyak orang. Berbagai macam faktor menjadi pemicu seseorang kurang mendapatkan waktu efektif untuk terlelap.

Biasanya karena pekerjaan mereka yang membuat waktu tidurnya menjadi tersita, akibatnya karna waktu tidur yang sebentar disaat bangun badan kita akan terasa sakit, tidak segar, pusing, dan banyak lagi.

David A. Neumeyer, MD, spesialis tidur di Klinik Lahey di Burlington, Amerika Serikat mengatakan bahwa banyak dari kita yang tidak memiliki cukup waktu untuk tidur malam, tujuh atau delapan jam. Hal ini dapat sangaACt berbahaya untuk mereka yang bekerja sebagai pilot, dokter bedah, atau sopir truk.

Namun ada tips untuk mengatasi masalah badan yang tidak segar karena kurang tidur, seperti dilansir dari Everydayhealt berikut.

Olahraga atau aktif bergerak
Beberapa latihan aerobik dapat memberikan dorongan energi untuk sementara. Tetapi, jangan berlebihan karena Anda hanya akan membuat tubuh mengalami kelelahan parah.

Nikmati udara segar dan sinar matahari
Keluar dan berjemur di bawah sinar matahari membantu mengatur ulang jam biologis Anda. Tubuh akan berhenti membuat hormon melatonin ketika terkena sinar matahari, dan membuat Anda tidak lagi mengantuk.

Minum Kopi
Jika diperlukan secangkir kopi dapat Anda nikmati agar rasa ngantuk hilang dan menjadi semangat.

Tetap makan dengan baik dan minum cukup
Ketika Anda kurang tidur, tubuh mencoba untuk menghemat energi sehingga Anda mungkin tidak memiliki energi atau nafsu untuk makan dan minum secara normal. Oleh karena itu, makan seperti biasanya dan minum air putih yang cukup untuk menambah energi.

Tidur siang singkat
Anda dapat menabung tidur jika sudah tahu akan begadang malam ini. Memulihkan energi dan kewaspadaan dengan tidur siang singkat sangat disarankan. Bahkan tidur siang hanya 15 sampai 20 menit dapat membantu.


#Begadang
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Terkini