Manfaat Berkumur Dengan Air Garam

Oleh : Kiven Timisela
Senin, 09 Maret 2020 | 10:25 WIB


Wartakesehatan.com- Natrium klorida berfungsi alami bebas osmosis yang bekerja menyerap cairan dalam jaringan atau sel. Bagian dalam mulut manusia terdiri dari jaringan lembap (lapisan mukosa). Kelembapan ini membuat mulut menjadi Lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan bakteri.

Nah ketika kita berkumur dengan air asin, natrium klorida akan menyerap kelebihan cairan dalam mulut sehingga membuatnya kering. Lingkungan dalam mulut yang kering jadi tidak lagi ideal untuk bakteri bertahan hidup. Bakteri kemudian akan berhenti berkembang biak, dan pada akhirnya mati.

Berikut adalah beberapa potensi manfaat berkumur dengan air garam untuk kesehatan gigi dan mulut:

1. Meredakan sakit gigi

Jika Anda sakit gigi, Anda tidak bisa langsung berobat ke dokter gigi. Dokter baru bisa mengobatinya ketika gigi tak lagi nyut-nyutan. Nah berkumur dengan air asin bisa Anda jadikan cara cepat untuk mengobati sakit gigi.

2. Mengatasi radang tenggorokan

Berkumur dengan air asin hangat dapat meredakan sakit dan gatal akibat radang tenggorokan (faringitis). Cara kerjanya sama dengan saat mengobati sakit gigi.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, garam menyerap air yang terkandung dalam selaput mukosa. Tenggorokan kita juga dilapisi oleh selaput ini. Nah, selaput yang mengering jadi tidak lagi ideal untuk bakteri bisa bertahan hidup sehingga akhirnya mati. Penyerapan air ini juga dapat membantu meredakan efek peradangannya sehingga tenggorokan jadi terasa lebih lega.

Masalah laringitis,tonsilitis,dan masalah tenggorokan lainnya juga dapat diatasi dengan berkumur air asin.

3. Melegakan hidung tersumbat

Berkumur dengan air garam juga dapat melegakan hidung tersumbat akibat pilek.Selain mematikan bakteri penyebab infeksi, larutan air asin ini juga mencairkan lendir yang menumpuk dalam hidung.

Masalah hidung tersumbat akibat gejala bronkitis,infeksi sinus, dan reaksi alergi juga akan berkurang dengan cara ini.

4. Mengusir bau mulut

Halitosis adalah istilah medis untuk bau mulut. Ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti makanan atau masalah kesehatan tertentu.

Berkumur dengan air asin dapat menetralkan bakteri yang jadi penyebab bau mulut akibat makanan. Garam bisa mengubah pH mulut sehingga menghambat produksi mikroorgansime bakteri yang bikin napas bau.

Namun jika masalah Anda disebabkan oleh penyakit atau kondisi yang lebih serius, cara ini mungkin hanya efektif untuk sementara. Bau mulut yang jadi komplikasi penyakit tidak serta-merta dapat hilang seketika hanya dengan berkumur. Penyakit yang mendasarinya harus lebih dulu ditangani dokter sampai selesai.

5. Meringankan sakit gusi

Selain mengatasi sakit gigi, berkumur dengan larutan air asin juga dapat meringankan sakit gusi akibat gingivitis.

Radang gusi yang ditandai dengan gusi bengkak, meradang, dan berdarah karena infeksi bakteri. Baiknya berkumur setiap hari untuk merawat gusi yang meradang.

6. Mengatasi masalah lidah

Kadang-kadang, lidah bisa mengatur plak putih jika kita tidak rajim membersihkannya. Jangan khawatir dulu! Lapisan putih yang ada pada permukaan lidah dapat dihilangkan dengan air garam berkumur.

Berkumur dengan udara asin juga bisa menyembuhkan luka bakar di lidah. Ini karena komposisi natrium dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Namun, takaran garam untuk mengatasi masalah luka bakar harus lebih sedikit dari normalnya agar tidak memperparah kondisi tersebut


#Kesehatan #Radang tenggorokan #Air Garam
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Terkini