Tips Mengurangi Emosi Saat Kondisi Hamil

Oleh : nurul kinanti
Sabtu, 28 Maret 2020 | 13:05 WIB


Wartakesehatan.com - Perubahan emosi ini bisa terjadi karena produksi hormon selama kehamilan. Para ibu memang menjadi tidak nyaman, merasa sakit serta sering khawatir selama masa kehamilan.

"Tubuh mengalami perubahan signifikan, sakit di area payudara, mual, sakit kepala, serta sulit tidur, jadi pemicu utama emosi yang tidak stabil. Hormon juga berperan besar, dan sederet ketidaknyamanan ini sangat mudah menyulut emosi ibu hamil," kata Lori Altshuler, M.D., direktur Mood Disorders Research Program di University of California, Los Angeles.

Lori mengungkapkan, mudah marah, sering menangis, dan terlalu banyak berpikir jadi sederet masalah psikologis yang sering dialami ibu hamil. Masalah tersebut biasanya terjadi di awal kehamilan atau jelang melahirkan.

Kekhawatiran akan kesehatan janin juga bisa jadi pemicu stres dan emosi pada ibu hamil. Kondisi ini tak bisa didiamkan, karena bisa jadi cikal bakal munculnya depresi pascamelahirkan.

Jika Anda mengalami emosi yang tidak stabil dalam waktu cukup lama bicarakanlah pada pasangan. Mengungkapkan kekhawatiran dan rasa tidak nyaman yang dialami pada pasangan, bisa jadi 'obat' efektif. Lori mengatakan memperbanyak aktivitas fisik seperti jalan-jalan, yoga atau sekadar meditasi pagi juga disarankan untuk menstabilkan emosi pada ibu hamil.

Menulis juga jadi salah satu terapi yang sering diberikan pada mereka yang mengalami masalah emosi saat hamil. Anda bisa membuat jurnal kehamilan, atau membuat blog khusus untuk nanti dihadiahkan untuk si kecil. Lakukanlah hal yang Anda sukai sesering mungkin.

"Sebisa mungkin hindari lingkungan, pembicaraan, sertaan pikiran yang bersifat negatif, jangan sampai emosi yang tidak stabil membuat tekanan darah menjadi tinggi dan berbahaya bagi janin. Ingatlah, kondisi psikologis ibu hamil juga sangat berpengaruh pada kondisi janin di kandungan. Usahakan untuk selalu berpikiran positif," kata Lori. 


#Hamil
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Terkini