Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Oleh : Gunawan Abdillah
Rabu, 13 Mei 2020 | 15:02 WIB


Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun yang sehat sangat mungkin untuk mengalahkan SARS-CoV-2. Dalam riset ini, peneliti melakukan analisis terhadap sampel darah pasien wanita berumur 47 tahun positif gejala sedang-ringan Covid-19, yang memiliki riwayat perjalanan dari Wuhan ke Melbourne.

Berikut ini ringkasan penelitian mengenai perlawanan imun tersebut:

Darah diambil empat kali selama periode sakit pasien, yakni hari ke-7, hari ke-8, hari ke-9, dan hari ke-20. Peneliti menemukan, selama hari 7-9 di mana sang pasien telah menunjukkan gejala, ada peningkatan imunoglobulin G sistem imun, yang melawan virus corona. Ada pula peningkatan pada imunoglobulin M dari pasien.

 

Peningkatan imunoglobulin pasien tersebut terus terjadi selama hingga 20 hari setelah gejala terjadi. Tak sampai di situ, dalam sampel darah hari ke-7 dan 9 tersebut juga terdapat sel imun yang aktif, seperti sel T helper, sel T killer, dan sel B.

 

Sang pasien kemudian diizinkan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah pada hari ke-11. Gejala yang ia tunjukkan pun hilang pada hari ke-13 dan tetap sehat pada hari ke-20, selama masa pengawasan dan penelitian.


Penelitian ini menunjukkan bahwa tubuh mengeluarkan banyak ‘senjata’ dalam melawan SARS-CoV-2. Menjaga sistem imun dengan cara-cara di atas tak ayal lagi krusial untuk dilakukan. Namun yang terpenting, untuk menghindari virus ini, Anda harus tetap berdiam diri di rumah, menjaga jarak sejauh mungkin dari orang lain, dan menjaga kebersihan diri terutama tangan.

Catatan

Cara utama untuk menghindari virus corona adalah dengan menghindari paparan virus tersebut, seperti berdiam diri di rumah dan mencuci tangan sesering mungkin. Selama menjalankan #SehatDiRumah ini, Anda juga bisa memperkuat benteng sistem imun agar tetap sehat dan tak mudah sakit.


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Terkini