BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Oleh : Gunawan Abdillah
Kamis, 14 Mei 2020 | 16:42 WIB


Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah satu caranya dengan mengonsumsi obat herbal dan suplemen kesehatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari serangan penyakit, termasuk COVID-19.

 

"Konsumsi herbal dan suplemen kesehatan yang aman, bermanfaat, dan bermutu menjadi salah satu upaya preventif yang perlu dibudayakan oleh masyarakat pada masa pandemi ini," imbau Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito dalam Focus Group Discussion (FGD) virtual "Peran Herbal dan Suplemen Kesehatan Menghadapi Pandemi COVID-19" di Kantor Badan POM, Kamis (14/05).

 

Pemanfaatan obat herbal telah terbukti empiris secara turun menurun dapat memelihara kesehatan tubuh. Untuk itu Badan POM berkomitmen mendukung pemanfaatan herbal Indonesia untuk dikembangkan menjadi obat herbal dan suplemen kesehatan pencegah COVID-19. "Kami selalu siap memfasilitasi dan mendampingi para peneliti dan pelaku usaha dalam riset, pengembangan, dan hilirisasi obat herbal," tutur Kepala Badan POM.

 

Sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman hayati, Indonesia berpeluang besar mengembangkan riset obat herbal. Terbukti beberapa herbal dapat digunakan sebagai imunomodulator atau peningkat sistem imun seperti kunyit, jahe, temulawak, *meniran*, jambu biji, sambiloto, echinacea, atau berbagai efikasi lain yakni antiinflamasi, antioksidan, dan lain sebagainya. Tidak menutup kemungkinan herbal Indonesia dapat berfungsi sebagai antiviral dan perlu dilakukan pembuktian ilmiah melalui uji klinik.

 

FGD ini dinilai sangat penting guna membahas potensi obat herbal dan suplemen kesehatan dalam upaya menghadapi COVID-19. "Kami mengharapkan diskusi bersama para narasumber, pakar, penanggap, dan peserta pada FGD hari ini akan turut mendorong percepatan penelitian jamu dan *Obat Modern Asli Indonesia/OMAI* (yaitu Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka) menjadi produk yang dapat menjaga kesehatan dan menangkal penularan virus khususnya COVID-19," jelas Kepala Badan POM.

 

FGD ini membahas beberapa topik, yaitu mekanisme immunomodulator dalam menangkal virus COVID-19; vitamin, herbal dan probiotik yang digunakan untuk daya tahan tubuh; prioritas uji klinik untuk herbal dan suplemen kesehatan untuk mendorong OMAI dan jamu sebagai penangkal COVID-19 dan kemandirian bahan baku; serta peranan herbal dalam ketahanan tubuh dan upaya promotif, kuratif, dan preventif.

 

Sejumlah lintas sektor dan ahli turut hadir dalam FGD ini, yakni Direktur Jenderal Farmasi dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Engko Sosialine, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena, Dokter Spesialis Alergi dan Imunologi RSCM Dr. dr. Evy Yunihastuti, Sp.PD-KAI, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Pulmonologi RSCM Dr. dr. Cleopas Martin Rumende, SpPD-KP, FINASIM, FCCP, Guru Besar Farmasi UGM Prof. Dr. Suwidjiyo Pramono, DEA, Apt, Guru Besar Bioteknologi UGM Prof. Dr. Ir. Endang S. Rahayu, M.S, Guru Besar Farmasi UI Prof. Dr. dr. Purwantyastuti, M.Sc., Sp.FK, Praktisi Herbal dr. Inggrid Tania M.Si, serta sejumlah pakar lainnya. 

 

Kepala Badan POM berharap FGD ini dapat menyingkap rahasia di balik obat herbal Indonesia untuk pencegahan bahkan pengobatan COVID-19, tentunya melalui riset ilmiah hingga uji klinis yang bisa dipertanggungjawabkan keamanan, manfaat, dan mutunya. Mengonsumsi obat, vitamin herbal, dan probiotik merupakan langkah dini untuk mendukung upaya promotif, kuratif, dan preventif. Tentunya disertai pola hidup sehat, menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan.

Pada kesempatan ini, Badan POM juga meluncurkan 10 produk informasi sebagai panduan bagi masyarakat berupa Pedoman Penggunaan Herbal dan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi COVID-19 di Indonesia; Informatorium OMAI di Masa Pandemi COVID-19; Cerdas Memilih dan Mengkonsumsi Herbal, Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan; enam Buku Saku Suplemen Kesehatan untuk Memelihara Daya Tahan Tubuh dalam Menghadapi COVID-19 (Vitamin C, D, E, Probiotik, Zink, dan Selenium); dan Buku Saku Obat Tradisional untuk Daya Tahan Tubuh.


#Omai
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Terkini